Selasa, 29 Maret 2016

Menggunakan Rangkaian Logika OR Pada Proteus

 Dalam mata kuliah sistem digital, kita diajarkan untuk menggunakan gerbang logika. Bagaimana penerapan gerbang logika tersebut. Berhubung untuk penerapan gerbang logika pada PCB asli itu membutuhkan biaya yang relatf mahal, maka digunakan aplikasi bernama Proteus. 

Proteus  adalah software untuk mendesain PCB yang juga dilengkapi dengan simulasi pspice pada level skematik sebelum rangkaian skematik diupgrade ke PCB shingga sebelum PCBnya di cetak  kita  akan tahu apakah PCB yang akan kita cetak sudah benar atau tidak. Proteus mengkombinasikan program ISIS untuk membuat skematik desain rangkaian dengan program ARES untuk membuat layout PCB dari skematik yang kita buat. Software ini  bagus digunakan untuk desain rangkaian mikrokontroller. Proteus juga bagus untuk belajar elektronika seperti dasar2 elektronika sampai pada aplikasi mikrokontroller.

Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.
Gerbang Logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay, Optik maupun Elemen Mekanikal.

Gerbang logika OR adalah gerbang logika yang memerlukan 2 Input atau lebih. dan menghasilkan hanya Output. Gerbang OR akan menghasilkan Output 1 jika salah satu dari Input bernilai Logika 1 dan untuk menghasilkan Output Logika 0, maka semua Input harus bernilai Logika 0.

Untuk lebih jelasnya bagaimana menggunakan gerbang logika OR, silakan download filenya


Selamat Mencoba 

0 Comment:

Poskan Komentar